Minggu, 15 April 2012

Pengamatan Awal Menjelang World Migratory Birds Day (WMBD)

Ketapang, 14/04/2012
World Migratory Birds Day (WMBD) adalah even internasional yang diadakan setiap tahun guna pengamatan burung migran (Birdwatching) serempak di seluruh dunia. Kegiatan ini dilakukan dengan partisipasi sukarela di masing-masing daerah. Pada tahun 2012 ini, WMBD dilaksanakan pada tanggal 12-13 Mei 2012.

     Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ketapang, Yudo Sudarto, SP, M.Si, serta beberapa perkumpulan di Ketapang, seperti Ketapang Photographer Club (KPC), Birding Society Of Ketapang (B'SYOK), P-Phopy, serta utusan dari Yayasan Palung, dan KBK, melakukan kegiatan pengamatan bersama pada tanggal 12-13 April 2012 di Pantai Air Mati Ketapang.
     Menurut Yudo Sudarto, momen ini sangat baik dilakukan secara bersama-sama, untuk lebih mengenal prilaku burung migran, tindakan konservatif yang diperlukan untuk menjaga kawasan pantai agar setiap tahun burung-burung ini datang kembali. Karena menurut dia, banyaknya burung migran yang mengunjungi suatu kawasan pantai tertentu bisa dijadikan sebagai indikator keutuhan ekosistem disana. 
     Mengenai tanggal pelaksanaan WMBD, Abdurahman Al Qadrie, Ketua KBK, mengatakan, bahwa pengamatan yang dilakukan pada tanggal 12-13 April 2012 ini merupakan pengamatan awal untuk konsolidasi acara sesungguhnya hingga pada satu bulan kedepan diharapkan berjalan dengan baik.
     "Kegiatan ini saya pikir sangat menarik, karena dapat memberikan pengetahuan pada peserta beberapa informasi mengenai burung migran, dan tentu hal ini perlu disikapi dengan bijak !" kata Frans Doni, seorang peserta dari B'SYOK.
     Andre, yang juga merupakan personil dari Borneo Photography (BoP), menambahkan, memadukan pengamatan burung dengan Photographer merupakan hal lain yang perlu ketajaman, ketelitian dan kehati-hatian, karena untuk mengambil gambar yang baik pasti sangat sulit.
    Sementara itu, H. Haryadi, S. PKP, Kepala UPT Hutan Kota, mengatakan : "Kegiatan pengamatan ini sangat penting, mengingat Pantai Air Mati, pada sisi lainnya adalah merupakan Kawasan Nilai Konservasi Tinggi (KNKT) Pemerintah Daerah, yang pengelolaannya di bawah UPT Hutan Kota, tentunya dapat mendukung kegiatan pelestarian di sana !"
     Pengamatan awal kali ini cukup menarik, karena masih terlihat burung-burung pantai yang sebagian mulai berubah warna. Seorang pengamat burung dari Spanyol, Jesus, mengatakan, tempat ini cukup baik, banyak burung-burung, dan perlu untuk tetap menjaganya.

Berikut foto-foto kegiatan pengamatan  persiapan WMBD 2012 :

Sesaat sebelum Pengamatan


"Birdwatching in Action"


Coffee Break selesai pengamatan 





1 komentar: