Minggu, 10 Agustus 2014

Penanaman Bakau Siswa SDN 04 Pematang Gadung


Ketapang, 09/08/2014, KBK
     Tidak kurang dari 40 siswa SDN 04 Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. SDN 04 yang terletak di Desa Pematang Gadung ini, melakukan penanaman bakau di pantai Desa Sungai Besar, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang, pada hari sabtu, tanggal 9 agustus 2014. Kegiatan ini dalam rangka melakukan pendidikan lingkungan sebagai pembelajaran tambahan muatan lokal upaya pengenalan ekosistem pantai kepada siswa SD. 
     "Melalui kegiatan ini, siswa dapat menjelaskan pentingnya pohon-pohon bakau sebagai pencegahan abrasi akibat gelombang dan angin, serta manfaat lain sebagai habitat berkembang biak bagi biota laut di sekitar pantai!" jelas Abdurahman, guru pembimbing yang memediasi kegiatan tersebut. 
     "Penting juga buat pemahaman dini terhadap konservasi bagi siswa, bagaimana kelangsungan hidup semua komponen dalam ekosistem merupakan penunjang hidup bagi manusia!" Tambah Nurhidayat S.Pd, wali kelas VI SDN 04 yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
     Kegiatan ini juga merupakan partisipasi terhadap program penanaman pohon yang dilakukan Environment Online (ENO). ENO sendiri menggalang jaringan kepedulian anak sekolah diseluruh dunia secara online, melakukan penanaman pohon di sekitar sekolah yang ikut beraktivitas. sejauh ini sudah ada 196 negara yang terlibat, termasuk Indonesia. Dan untuk Kalimantan sendiri, SDN 04 merupakan sekolah pertama yang ikut bergabung. 
     Selain siswa SD, para guru, juga terdapat beberapa anggota komunitas "Ketapang Biodiversity Keeping" atau Kawan Burung Ketapang (KBK) yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
     "Tak kalah penting juga, bagaimana hal ini akan menjadi kebiasaan dan pola pikir anak didik yang diharapkan bisa diterapkan sehingga mereka dewasa!" Tambah Endro Setiawan, aktivis KBK yang juga ikut bergabung dalam kegiatan tersebut.
     Penanaman secara sukarela yang di lakukan ini dengan tema "Plant For The Planet - Trees For Climate Justice". Adapun jenis pohon bakau yang ditanam adalah dari jenis Rhizopora sp.

Berikut foto-foto kegiatan penanaman bakau :
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar